Smartphone Idaman 2018 yang Keren Parah

Leave a Comment
Smartphone Idaman 2018 yang Keren Parah

Tahun 2018 ini saya perhatikan sepertinya banyak smartphone baru bermunculan, dimana bagian tersedihnya saya sudah lama belum ganti smartphone sejak tahun 2015 lalu sampai sekarang masih menggunakan smartphone yang sama, sudah lama sekali ya dimana teknologi smartphone sudah semakin canggih tapi smartphone saya masih itu-itu saja.

Tapi hal ini sebenarnya karena saya memang merasa cukup dengan smartphone ini, sudah bisa chat, dan internetan lainnya, saya merasa kebutuhan sudah terpenuhi karena saya lebih banyak menghabiskan waktu di depan monitor.

Nah tapi tahun 2018 ini saya merasa saatnya mengganti smartphone baru, karena ternyata banyak kebutuhan saya yang tidak bisa terpenuhi lagi sekarang, mulai dari kapasitas internal yang terbatas sehingga tidak bisa install berbagai aplikasi, kapasitas baterai kecil, belum lagi saya iri melihat banyak teman-teman saya bermain game di smartphone dengan game mobile sekarang yang juga mulai bermacam-macam dan juga sepertinya seru untuk dimainkan, dan banyak alasan lainnya yang membuat saya punya keinginan ganti smartphone di tahun 2018 ini.

Urbandigital

Cari-cari smartphone yang keren dan benar-benar worth it untuk dibeli, saya ketemu dengan smartphone dari Huawei yang keren parah menurut saya dan saya rasa smartphone ini bisa memenuhi kebutuhan saya, yaitu Huawei Nova 3i.

Kenapa Huawei Nova 3i jadi smartphone idaman saya?

Ada banyak alasan mengapa Huawei Nova 3i menjadi pilihan smartphone idaman saya di tahun 2018 ini, karena banyaknya keunggulan yang dimiliki Huawei Nova 3i yang membuat saya yakin ini merupakan smartphone impian untuk saya, bahkan untuk kamu juga mungkin setelah baca artikel ini. Berikut adalah berbagai macam keunggulan yang ditawarkan Huawei Nova 3i:

Daftar Isi

Isi konten


Desain gradasi

Desain gradasi

Dari dulu desain smartphone sepertinya begitu-begitu saja dan rasanya membosankan karena body smartphone yang hanya satu warna saja, tapi Huawei Nova 3i ini memiliki desain yang unik dan membuat smartphone terlihat lebih premium karena Huawei Nova 3i memiliki desain bodi gradasi yang pastinya desain seperti ini cocok untuk generasi milenial yang ingin smartphonenya terlihat lebih keren saat dipandang.

Jujur Impresi pertama saya saat melihat warna gradasi pada bodi smartphone ini, membuat saya langsung menyimpulkan smartphone ini keren, padahal belum melihat spesifikasi dan fitur lainnya tapi otak saya sembarangan langsung menyimpulkan begitu saja.

Varian warna

Varian warna

Huawei Nova 3i memiliki varian warna Iris Purple, yang memiliki warna gradasi biru dan ungu yang menawan, juga varian warna Black, yang memiliki warna hitam gelap yang elegan.

Kalau menurut saya pribadi, saya lebih suka Iris Purple, karena terlihat lebih segar dan sepertinya ketika digenggam akan ada rasa bangga tersendiri karena warna gradasi biru dan ungunya ini terlihat sangat menarik. Tapi itu sebenarnya selera masing-masing, kalau ingin tampil lebih berwarna bisa pilih varian Iris Purple, atau kalau kamu pecinta barang yang dark atau warna gelap, varian Black ini akan cocok untuk kamu.

Layar besar + Notch

Layar besar + Notch

Notch sudah menjadi tren smartphone saat ini, dan Huawei Nova 3i ini juga ternyata memiliki notch atau bisa juga disebut poni pada bagian depannya. Keberadaan notch ini saya sangat suka, karena selain membuat smartphone terlihat semakin cantik, notch juga membantu smartphone memiliki layar yang lebih besar dan bezel yang tipis.

Salah satu hal yang dapat membuat puas saat bermain smartphone, yaitu jika layar smartphone memiliki ukuran yang besar. Huawei Nova 3i memiliki ukuran layar 6,3 inch, yang mana ukuran ini cukup besar untuk nonton video ataupun bermain game yang dapat membuat pengalaman menonton atau bermain jadi lebih seru pastinya.

Ditambah layar IPS FHD+ 2340 x 1080, aspek rasio 19,5:9, membuat layar dari Huawei Nova 3i ini jernih, dan Full HD merupakan kebutuhan standar saat ini yang bisa berguna juga untuk saya sebagai video editor. Saat ingin melihat video hasil editing dengan resolusi 1080p yang sudah saya buat, hasil video bisa saya lihat di smartphone ini karena melihat spesifikasi dari layarnya, saya yakin video atau gambar yang ditampilkan pada layar Huawei Nova 3i akan bisa tampil secara maksimal

Bezel tipis buat smartphone lebih kece

Bezel tipis buat smartphone lebih kece

Semakin tipis suatu bezel tentu membuat suatu perangkat terlihat makin kece, sama halnya dengan Huawei Nova 3i yang memiliki rasio screen-to-body mencapai 81%, sehingga smartphone ini bisa dibilang bezeless, karena bezelnya yang memang tipis.

Huawei Nova 3i ini saya rasa memang cocok untuk kamu yang ingin tampil fashionable dan ingin terlihat lebih kece saat menggengam smartphone. Bezel yang tipis, bodi warna gradasi, dan layar yang besar, seolah-olah menyatu dan menciptakan suatu gadget yang terlihat mewah dari segi desain atau tampilan.

4 Kamera AI

4 Kamera AI

Huawei Nova 3i punya 4 kamera sekaligus yang dilengkapi AI (Artificial Intelligence) untuk membuat hasil foto menjadi lebih jernih. Huawei Nova 3i memiliki empat kamera AI 24 MP + 2 MP di bagian depan dan 16 MP + 2 MP di belakang.

Kalau saya punya kamera smartphone sejernih ini pasti jadi lebih suka foto-foto, bakalan banyak momen yang tersimpan dari biasanya dan itu merupakan hal yang bagus karena momen ini pasti tidak terulang dan rasanya sayang jika tidak diambil dengan kamera yang bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi.

HDR Pro

HDR Pro

Berkat fitur HDR Pro, kamu tidak perlu khawatir dengan kondisi pencahayaan yang ada di lingungkan sekitarmu saat ingin mengambil gambar atau video, karena fitur HDR Pro pada Huawei Nova 3i ini dapat menyesuaikan pencahayaan yang membuat hasil gambar atau video memiliki warna yang pas.

Sering gak sih kamu perhatikan kalau orang selfie saat siang hari di ruangan terbuka, biasanya hasil fotonya terlalu cerah pada bagian tertentu seperti rambut dan beberapa bagian lainnya, hal ini tentu jadi merusak kualitas foto dari selife kamu, itulah kenapa ada fitur HDR Pro, karena dengan fitur ini akan bisa membantu meminimalisir kejadian seperti itu.

QMOJI

QMOJI

Qmoji merupakan emoji berbentuk wajah yang pergerakan animasi ekspresi wajah dan suara mengikuti pergerakan kamu dengan memanfaatkan kamera AI. Kamu bisa buat Qmoji yang lucu untuk berkirim pesan ke temanmu agar ngobrol jadi lebih seru.

2 Kamera Selfie AI

2 Kamera Selfie AI

Dengan dua kamera depan 24 MP + 2 MP, f/2.0 pada Huawei Nova 3i, dapat menghasilkan foto selfie dengan detail, dan kalau kamu ingin wajah jadi lebih indah saat mengambil selfie, Huawei Nova 3i ini dilengkapi AI scenery recognition yang dapat membuat wajah kamu beautiful, karena fitur ini dapat menyesuaikan keadaan lingkungan sekitar dengan wajah kamu.

Saat malam saya hampir sudah tidak punya harapan bisa selfie di kebanyakan tempat outdoor, karena cahaya yang minim maka hasil fotonya juga gelap. Dengan Huawei Nova 3i ini, karena memiliki aperture f/2.0, mungkin bisa jadi solusi untuk saya agar bisa foto dimanapun dan kapanpun, dan tidak perlu cari-cari cahaya lagi agar bisa hasilkan foto yang cerah dalam kondisi yang gelap.

2 Kamera AI Belakang

Image 1 Image 2 Image 3 Image 4 Image 5

Dua kamera belakang 16 MP + 2 MP, f/2.2, diperkuat dengan AI yang dapat mengingat 22 kategori dari lebih 500 momen dan menyediakan hasil potret yang dioptimalkan. Jadi untuk kamu yang misalnya suka banyak ambil foto, hasil dari kamera belakang Huawei Nova 3i ini dapat membuat hasil foto lebih indah dan juga AI nya dapat memudahkan kamu untuk merekam momen yang pastinya sangat sayang untuk dilewatkan.

Jujur saja ketika saya melihat foto yang diambil beberapa tahun terakhir, dan tidak sengaja menemukan folder foto tersebut, saya merasa senang, sedih, terharu dapat merasakan kenangan tersebut dan untungnya sempat foto momen tersebut, nah tapi sayangnya di folder itu hanya 3-5 foto saja tidak sampai puluhan, hal ini yang disayangkan karena lebih banyak momen yang tertangkap tentunya akan lebih banyak kenangan tersimpan, tapi ya sudahlah itu sudah berlalu dan saatnya memikirkan solusi, yaitu saya perlu smartphone baru yang bisa menangkap lebih banyak momen seperti Huawei Nova 3i ini.

Rekam sesuatu dengan gerakan lambat

Rekam sesuatu dengan gerakan lambat

Kamera pada Huawei Nova 3i memiliki fitur mode 16x Super Slow Motion, yang memungkinkan kamu untuk menangkap momen dengan gerakan super lambat dengan 480 frame per detik di layar.

Untuk saya fitur semacam ini bisa dijadikan untuk seru-seruan. Sesuatu yang cepat jika direkam dengan mode slow motion bisa akan sangat bagus hasilnya dan tentunya kita penasaran jika sesuatu yang cepat itu proses pergerakan dalam mode lambatnya seperti apa, misalnya ada balon yang meletus, pasti prosesnya terjadi sangat cepat bahkan mata kita sulit untuk melihat proses saat balon tersebut meletus, nah pakai mode 16x Super Slow Motion dari Huawei Nova 3i ini, saya bisa merekam dan mengetahui proses saat balon itu meletus dan berhamburan dengan lambat dan tentunnya hasil videonya pasti akan menarik untuk ditonton.

Kirin 710, multitasking dan main game lancar

Kirin 710, multitasking dan main game lancar

Hal terpenting yang perlu dipertimbangkan saat membeli sebuah smartphone menurut saya yaitu terletak pada spesifikasi chipsetnya. Huawei Nova 3i memiliki chipset Kirin 710 dari Huawei sendiri, yang diklaim dapat membuat smartphone berjalan responsif dan bermain game lebih impersif karena dilengkapi dengan GPU Turbo yang juga dipadukan dengan teknologi AI.

Mengapa chipset merupakan hal yang paling saya pertimbangkan?

Hal ini karena kebutuhan saya yaitu multitasking dan kadang main game, apalagi saat menunggu seseorang di luar pastinya bosan dan game merupakan solusi ampuh untuk mengatasi kebosanan. Nah untuk menunjang hal ini, dibutuhkan chipset yang kuat dan cepat, Huawei Nova 3i ini setelah saya cari informasinya ternyata lumayan bisa mengangkat game-game keluaran terbaru dan juga untuk multitasking sudah dipastikan berjalan mulus.

Main game lebih imersif dengan GPU Turbo

Main game lebih imersif dengan GPU Turbo

Berbicara soal game yang saya saat ini kepingin banget main game-game mobile jaman sekarang yang sudah keren-keren, tapi tentunya saya butuh smartphone dengan performa yang tidak main-main dan dapat menjalankan game keluaran terbaru dengan mulus.

GPU Mali-G51 MP4 dilengkapi fitur GPU Turbo pada Huawei Nova 3i dapat membuat pengalaman game kita semakin imersif, karena saya penasaran saya akhirnya mencari informasi mengenai performa dari Huawei Nova 3i ini.

Dikutip dari situs Beebom, Huawei Nova 3i memiliki skor benchmark AnTuTu 137 ribu, dan mengetahui hal ini saja saya sebenarnya sudah tidak meragukan bagaimana performanya jika diuji coba dengan game-game grafis tinggi, tapi saya tetap harus melihat buktinya agar semakin yakin dengan performanya.

Performa Huawei Nova 3i

Saat dicoba bermain PUBG Mobile dan Ashpalt 9: Legends, Huawei Nova 3i ini dapat menjalankan di grafis medium/high settings dengan lancar tanpa lag atau stutter. Saya jadi tidak ragu lagi dengan performa dari Huawei Nova 3i ini dan memang cocok untuk dijadikan smartphone impian.

RAM 4GB, bisa buka banyak aplikasi

RAM 4GB, bisa buka banyak aplikasi

Karena kebutuhan saya multitasking, jadi RAM yang saya butuhkan minimal untuk smartphone impian saya yaitu diatas 2GB, dan Huawei Nova 3i memiliki RAM 4GB, yang sudah masuk kriteria smartphone idaman saya.

RAM 4GB untuk sebuah smartphone benar-benar cukup, untuk buka media sosial, aplikasi chatting, sambil mendengarkan musik, bahkan sambil main game pun bisa saja dilakukan dalam waktu bersamaan. Belum lagi game smartphone jaman sekarang kebanyakan butuh RAM yang besar, bisa sampai 2GB hanya untuk buka 1 game, tapi mengetahui Nova 3i punya RAM 4GB, jadi saya masih bisa tenang untuk buka berbagai aplikasi dan game berat.

ROM besar bisa simpan banyak data 

ROM besar bisa simpan banyak data

Poin ini masuk salah satu bagian penting juga untuk smartphone idaman terbaru saya, internal storage pokoknya harus besar agar saya bisa pasang macam-macam aplikasi, game, dan juga simpan file-file mutlimedia dan file lainnya.

Huawei Nova 3i ini, punya internal storage 128GB, wow! Ini sebenarnya sudah berlebihan bagi saya, karena 128GB itu udah pasti muat untuk simpan segala macam data dan pasti akan banyak space kosong, tapi ya kalau dikasih kelebihan kenapa harus nolak juga, siapa tau ketika saya pakai ternyata storage ini memang benar-benar terisi sampai penuh, jadi lumayan efektif pemakaian storagenya.

Sudah dilengkapi storage 128GB, bisa ditambah microSD sampai 256GB, wah overdosis storage kalau gini, tapi kalau saya sih sepertinya pakai internal storage saja udah cukup, jadi lumayan hemat uang karena tidak perlu beli penyimpanan lagi.

Kapasitas baterai besar

Kapasitas baterai besar

Huawei Nova 3i memiliki kapasitas baterai 3.340 mAh yang cukup untuk kebutuhan mobilitas dan dapat bertahan berjam-jam tanpa perlu khawatir kehabisan baterai dengan cepat bahkan saat bermain game atau melakukan aktivitas yang berat di smartphone.

Jadi masalahnya seperti ini dengan smartphone saya saat ini, untuk pergi keluaran dengan timeline awal yaitu berangkat dengan memesan transportasi online, yang diharuskan menggunakan GPS dan internet, dimana bagian ini lumayan bikin boros baterai, setelah itu sampai ditempat saya harus nunggu teman saya, jadi enaknya main game sambil nungguin daripada bengong, tapi saya gak bisa melakukan hal ini karena khawatir baterai boros terkuras.

Saya pernah kejadian kehabisan baterai saat diluar itu bikin kesel banget, karena baterai habis jadi saya tidak bisa pesan transportasi online untuk pulang, dan akhirnya jalan satu-satunya saya harus naik kendaraan umum yang dimana posisi sudah capek seharian jalan-jalan, ditambah harus naik kendaraan umum yang tidak nyaman, pulang-pulang langsung bete + badan serasa capek lebih dari biasanya.

Makanya dengan besarnya kapasitas baterai Huawei Nova 3i, saya rasa ini dapat mengatasi masalah saya dan bisa menemani ketika saya diluar seharian tanpa khawatir kehabisan baterai, mulai dari berangkat, sampai pulang bisa membuat saya lebih happy.

Konektivitas yang lengkap dan kuat

Konektivitas yang kuat

Untuk kebutuhan mobilitas, saya tentu perlu konektivitas yang layak juga agar dapat memenuhi kebutuhan saya, terutama pada jaringan wajib 4G LTE saat mencari smartphone di 2018 ini. Nah Huawei Nova 3i ternyata memiliki konektivitas yang lengkap dan kuat, karena dibantu dengan AI. Mulai dari audio jack 3,5 mm, Bluetooth, GPS, jaringan 4G LTE dan juga Dual Sim, konektivitas yang dimiliki Huawei Nova 3i lengkap, saya tidak perlu khawatir untuk poin ini karena semua sudah lengkap dan dijamin bisa memenuhi kebutuhan saya.

Pendapat saya tentang Huawei Nova 3i

Desain juara

Dengan harga Rp.4.199.000 saya rasa Huawei Nova 3i worth it untuk dibeli sebagai smartphone kelas menengah, karena spesifikasinya memang tinggi dan juga desainnya ini memang beneran juara kalau dibandingin dengan smartphone sebanding lainnya, desain gradasi ini sama seperti kakaknya yaitu Huawei P20, tapi Nova 3i merupakan versi murahnya dan desainnya tidak kalah cantik untuk hp harga 4 jutaan. Bahkan jika dilihat sekilas, smartphone dengan desain seperti Huawei Nova 3i ini serasa handphone mahal yang memiliki harga mungkin sampai puluhan juta rupiah.

Huawei Nova 3i Smartphone Impian 2018

Saya benar-benar tertarik dan menjadikan Huawei Nova 3i sebagai smartphone impian saya di tahun 2018, setelah sekain lama alias 3 tahun dari tahun 2015 selalu menggunakan smartphone yang sekarang ini dan kebutuhan saya sekarang sudah tidak bisa ditunjang lagi, jika berkesempatan 2018 ini mungkin saatnya saya ganti smartphone.

Tips kalau punya Huawei Nova 3i

Bagaimana dengan kamu, setelah baca keunggulannya mungkin tertarik juga dengan Huawei Nova 3i ini? Kalau tertarik, silakan langsung saja meluncur ke toko handphone favoritmu, atau bisa juga dipesan melalui online, karena berhubung sebentar lagi tahun baru pasti banyak juga yang berburu smartphone baru, daripada kehabisan stok lebih baik langsung diorder kalau memang kamu sudah yakin.

Spesifikasi Huawei nova 3i

Spesifikasi Huawei nova 3i

HUAWEI nova 3i SPESIFIKASI
Ukuran
  • Panjang:75,2 mm
  • Tinggi:157,6 mm
  • Lebar:7,6 mm
  • Berat:Approx. 169 g (termasuk dengan baterai)
Warna Black, Iris Purple
Layar
  • Ukuran: 6,3 inch
  • Warna: 16,7 juta warna
  • Ukuran Saturasi Warna (NTSC): 85% (typical value)
  • Typle: TFT LCD (IPS)
  • Resolusi: FHD+ 2340 x 1080, 409 PPI
CPU
  • HUAWEI Kirin 710
  • 4 x Cortex A73 2,2 GHz + 4 x Cortex A53 1,7 GHz
OS Android 8.1
Memori
  • INE-LX2: 4 GB RAM + 128 GB ROM
  • micro SD card slot: support up to 256 GB
Jaringan
  • INE-LX2 (Dual SIM)
  • 4G LTE TDD: B38 / B40 / B41 (2.545 - 2.655 MHz)
  • 4G LTE FDD: B1 / B3 / B5 / B7 / B8 / B28
  • 3G WCDMA: B1 / B5 / B8
  • 2G GSM: B2 / B3 / B5 / B8
  • Secondary SIM card: 4G LTE TDD: B38 / B40 / B41 (2.545 - 2.655 MHz)
  • 4G LTE FDD: B1 / B3 / B5 / B7 / B8 / B28
  • 3G WCDMA: B1 / B5 / B8
  • 2G GSM: B2 / B3 / B5 / B8
GPS GPS, GLONASS, BeiDou (hanya didukung oleh beberapa INE-LX2 yang dijual di Asia Pasifik), AGPS
Konektivitas
  • 802.11b/g/n, 2.4 GHz
  • Bluetooth 4.2, BLE, HWA, aptX and aptX HD
  • Micro USB, USB 2.0
  • 3,5 mm Headset Jack
  • PC Data Synchronization
Kamera
  • Kamera Belakang: 16 mega-pixel (color) + 2 mega-pixel (color), F/2.2 aperture, supports autofocus (phase focus, contrast focus)
  • Kamera Depan: 24 mega-pixel (color) + 2 mega-pixel(color), F/2.0 aperture, supports fixed focal length
Audio Audio File Format: mp3, mp4, 3gp, ogg, aac, flac, midi
Video Video File Format: 3gp, mp4
Emotion UI EMUI 8.2
Baterai
  • 3.340 mAh
  • 5 V / 2 A charger
Isi Kemasan
  • Phone x 1
  • Built-in battery x 1
  • Quick Start Guide x 1
  • Charger x 1
  • Warranty Card x 1 (dependent on market)
  • Headset x 1
  • Eject pin x 1
  • Micro USB cable x 1
  • TPU Protective case x 1(dependent on market)
  • TP protective film x 1(dependent on market)

Smartphone 4 Jutaan yang Worth It - Huawei Nova 3i

(Catatan: tonton video dengan kualitas 1080p60 untuk mendapatkan pengalaman menonton terbaik.)

#GiveawayKeren, #Huawei, #HuaweiNova3i, #Nova3i.


Referensi:
- Huawei.com, Urbandigital.id, Gsmarena.comBeebom.com.

Infografis & video by:
- Reksa Andhika

Kembali ke daftar isi

0 komentar:

Posting Komentar